Via Vallen, Dangdut, & Tribute To Obbie Messakh

 On January 4, 2012  

Dangdut: Bukan Soal Eksotisme, Hanya Perihal Musik dan Lagu

Seperti yang sering saya tulis disini, bahwa saya adalah seorang penikmat musik yang tidak mempunyai satu jenis musik favorit. Ada kalanya saya suka dengar musik pop, rock, langgam, bossas, keroncong, campursari, sesekali dengar musik underground, dangdut, dan jenis musik lain yang saya kurang tahu definisinya. Dan kali ini, saya tergelitik untuk menuliskan seorang penyanyi cewek yang membawakan lagu-lagu kenangan dari Obbie Messakh dalam versi dangdut. 

Via Vallen, demikian namanya, belum mengenal?, saya juga tidak mengenalnya secara langsung, hanya sebuah kebetulan saja saya tahu dia dari nama penyanyi yang tertera di lagu yang saya download. Untuk mencari referensi tentang dia, saya cari dari google. Kebetulan lagi, lagu-lagu tersebut pas di telinga saya, dan waktu-waktu ini saya sedang suka mendengarkan lantunan suaranya dalam lagu tersebut.

Kumpulan lagu kenangan versi dangdut ini di iringi oleh OM SERA, diberi judul OM SERA Album Tribute To Obbie Messakh, dan vocal oleh Via Vallen. Ada 10 lagu yang saya tahu, seperti Antara Benci dan Rindu, Antara Hitam dan Putih, Hitam Putih Fotomu, dan yang yang lainnya.

Masih membekas dalam ingatan kita tentunya, Inul Daratista, seorang penyanyi yang terkenal karena kontroversi goyang ngebor-nya, dia juga mengawali karier dari penyanyi panggung. Kalau boleh saya bilang, Via Vallen adalah seorang penyanyi panggung yang kebetulan saja belum beruntung, jangan pandang dari sisi negatif dulu, kebanyakan orang mendefinisikan penyanyi panggung hanya menjual gaya dan kemolekan saja. Bila mungkin saja itu ada benarnya, (kalau bisa) abaikan saja dulu, (kalau bisa) anggap saja itu bagian dari seni dan kreatifitas, kita bicara disini soal musik dan lagu, bukan visualisasi penyanyi.

Saya bukan bermaksud membesar-besarkan, saya juga tidak suka dengan penyanyi yang hanya menjual gaya dan eksotisme, saya hanya ingin menuliskan saja, karena dari sekian nama penyanyi dangdut yang pernah saya dengar lantunan suaranya, sepertinya baru kali ini muncul ide untuk menuangkannya. Maaf, jangan berfikir soal eksotisme goyangan maupun desahan yang kadung melekat pada benak kebanyakan orang tentang penyanyi panggung, tapi, ini murni soal musik dan lagu dangdut.

Sudahlah, tak perlu saya berpanjang lebar, takutnya malah jadi sebuh kontroversi. Soal suka dan tidak, legal dan ilegal, pro dan kontra, tak bukan itu bagian dari dinamika, dan mungkin saja diluar pengetahuan saya. Kalau ada yang salah dengan pendapat saya, tolong diluruskan. Buat yang kepingin mendengarkan lagunya, berikut ini adalah lagu Antara Hitam dan Putih yang dibawakan oleh Via Vallen dan OM SERA:


Catatan:
- Menurut saya, selain cantik, Via Vallen juga mempunyai suara yang khas. :)
- Foto dari Facebook Via Vallen.
- Buat Via Vallen, barangkali sampeyan sampai disini, maaf misalnya kurang berkenan dengan tulisan ini, ijin pakai foto yang dari facebook, ya? he.he.. *nggaya*
Via Vallen, Dangdut, & Tribute To Obbie Messakh 4.5 5 Sukadi January 4, 2012 Dangdut: Bukan Soal Eksotisme, Hanya Perihal Musik dan Lagu Seperti yang sering saya tulis disi...


19 comments:

  1. sdh lama ndak denger musik dangdut :)

    ReplyDelete
  2. @Ely Meyer: silahkan kalau mau mendengarkan :)

    ReplyDelete
  3. dangdut itu asik, apalagi kalau penyanyinya juga cakep hehe

    ReplyDelete
  4. Ada lagi penyanyi panggung yang terkenal, pak: Wiwik Sagita... hehehe

    ReplyDelete
  5. @Arti Peribahasa: hmm... normal. :D

    @Eko Prih: Kalau penyanyi yang itu saya sudah sering dengar namanya, Pak.. :D

    ReplyDelete
  6. @Ulla von Wieben: Sukurlah, berarti Anda sudah pernah dengar sekarang :D

    ReplyDelete
  7. baru kenal sama Via dari sini pak?
    kapan bisa diajak kenalan langsung.. hehehe

    saya juga suka sama dangdut pak, pop juga suka, rock, campur sari, bossas, jazz, hiphop, pkoknya saya suka musik.. tak peduli dari aliran manapun. :D

    ReplyDelete
  8. menurut saya kualitas vokal & kreatif itu yang terpenting diatas segala2'a

    ReplyDelete
  9. apa termasuk dangdut koplo sob ?

    enakan mana suaranya sama ayu tingting ? :D

    ReplyDelete
  10. @mabrurisirampog: kalau ketemu dia, nanti titip salam ya mas :D

    @Andy: yang penting pondasinya, soal "improvisasi" itu belakangan :D

    @Jurnal Rachmat: ya, termasuk. enakan suara via vallen ketimbang ayu ting-ting :D

    ReplyDelete
  11. wah penyanyi baru di tahun yang baru :D

    hahaha

    Ditunggu kunjungan baliknya ya ke http://century21.co.id

    ReplyDelete
  12. lam knal ya dari pengunjung baru :D

    ReplyDelete
  13. Kok nggak dikasih sekalian tah kang lagunya biar bisa ku dunlut hhe... Eum, aku sih yg penting suara yg nyanyi enak kang, tapi klo untuk boyband sama girlband sorry2 maaf aku tetep gak minat dengerin :)

    ReplyDelete
  14. Dangdut itu manteb, sayang nya sering dicemari sama goyang porno.

    ReplyDelete
  15. Cakep, semoga saja muncul lagu kenangan versi dangdut selanjutnya :)

    ReplyDelete
  16. tooooooop dah

    ReplyDelete
  17. dangdut lebih ke rakyat atau istilahny merakyat... Slam knal Mas smga sehat selalu.. Buat konco2 yg pngen dwnload lagu diatas sy msh pny koleksiny knjungi blog ku.

    ReplyDelete